TSI, Referensi Wisata Air Akhir Pekan
Get Inspired, Special Interest

TSI, Referensi Wisata Air Akhir Pekan

Beraneka ragam tujuan wisata ditawarkan di Sumenep. Mulai dari wisata religi, sejarah hingga taman permainan dan olahraga. Salah satunya adalah Taman Wisata Tirta Sumekar Indah (TSI) yang berada di Desa Torbang, Kecamatan Batuan. TSI bisa dijadikan salah satu referensi mengisi liburan akhir pekan.

TSI adalah satu di antara taman pemandian modern yang berada di Sumenep. Lokasinya sangat strategis, yakni berada di pinggir jalan utama Kecamatan Batuan. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, di antaranya terdapat tiga kolam pemandian utama, dua kolam untuk anak-anak, dan satu kolam untuk orang dewasa.

Selain kolam, fasilitas dan wahana permainan lain seperti perosotan dan tempat bersantai juga menjadi fasilitas yang dapat dinikmati semua pengunjung. Fasilitas pendukung lainnya sepeti kantin, lapangan futsal dan lainnya juga tersedia.

Setiap hari, lokasi tersebut selalu ramai dikunjungi warga yang ingin melepas lelah dengan wisata air. Terlebih jika akhir pekan tiba, pengunjung bisa meningkat hingga 100 persen. Pasalnya, saat ini TSI sudah mashur bagi masyarakat Sumenep, baik di dalam maupun di luar kota.

Divisi Operasional TSI Fathor Rahman mengatakan, sejak didirikan 2004 lalu taman pemandian tersebut sudah menjadi jujukan masyarakat yang ingin berwisata air. Rata-rata adalah masyarakat yang ingin bersantai bersama keluarga. Pengunjung berasal dari berbagai daerah di Sumenep, termasuk dari daerah pelosok desa.

”Sejak pertama kali dibuka, banyak warga yang menjadikan tempat ini sebagai sarana berwisata air. Jika hari libur, jumlah pengunjung bisa bekali-lipat,” lanjutnya.

Fathor menambahkan, untuk masuk dan menikmati TSI sangat terjangkau. Dengan uang Rp 6 ribu untuk hari normal dan Rp 7 ribu untuk hari libur, pengunjung dapat menikmati semua fasilitas selama sehari penuh.

Pengunjung yang keluar dapat kembali lagi, asalkan memberitahukan sebelumnya. ”Satu kali membeli tiket pengunjung di sini, sudah bisa menikmati fasilitas sehari penuh,” terangnya.

Selain itu, kolam di Taman Wisata Tirta Sumekar Indah (TSI) tidak hanya dimanfaatkan oleh warga untuk bersantai. Tak jarang, TSI digunakan sebagai tempat latihan memperbaiki kemampuan renang, di antaranya adalah anggota TNI dan kepolisian. ”Di sini banyak Polisi dan TNI yang mengasah kemampuan renangnya,” ungkap Fathor Rahman Divisi Operasional TSI.

Selain TNI dan polisi, TSI juga sering dimanfaatkan siswa untuk mempraktekan materi olahraga renang. Biasanya, siswa tersebut mendatangi TSI secara bersamaan didampingi guru pembimbingnya. Bahkan, mereka tidak hanya datang dari sekitar taman, tapi dari sekolah di luar Kecamatan Batuan. ”Kalau siswa yang jarak sekolahnya jauh, biasanya memanfaatkan hari libur,” lanjutnya.

Diakuinya, kolam tersebut belum memenuhi standar nasional, baik lebar maupun panjangnya. Sehingga, jika dipakai untuk kegiatan semacam latihan kurang memadai.  ”Kalau digunakan untuk latihan resmi, kolam di sini tidak memenuhi standar,” lanjutnya.

Pengelola sudah merencanakan untuk memperluas area taman tersebut, namun hal itu terbentur keterbatasan dana. Apalagi, tempat itu adalah milik swasta yang tidak mendapatkan dana bantuan dari pemerintah kabupaten (pemkab). Hingga kini, keinginan tersebut belum dapat direalisasikan. ”Area di sini masih cukup untuk melakukan penambahan fasilitas. Namun, hal itu masih terkendala dana,” ucapnya. (RadarMadura.co.id)

  • 15
    Shares

Facebook Comments