Get Inspired, Headline, Hot News, Special Interest

Sumenep Punya Destinasi Wisata Kampung Keris Lho, Ini Tempatnya

VISITSUMENEP.com – Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi, Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah ditetapkan sebagai Desa Wisata Kampung Keris oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep. Karena itu, Dinas Pariwisata, Kebudayan, Pemuda Dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep mulai menyiapkannya.

“Desa Aeng Tong-Tong sebagai Desa wisata kampung Keris akan diproyeksikan sebagai destinasi wisata minat khusus bagi para penggemar keris dan masyarakat umum. Sehingga pengunjung maupun wisatawan merasa nyaman saat berada di Desa Wisata Kampung Keris. Masyarakat perlu ngerti apa yang harus dilakukan. Pada gilirannya, pengunjung bisa bercerita yang baik-baik kepada yang lain,” ungkap Sufiyanto, Kepala Disparbudpora Sumenep saat menggelar acara pembinaan terhadap masyarakat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Desa Aeng Tong-Tong, Rabu, 25 Juli 2018.

Keberadaan Pokdarwis, lanjutnya, harus lebih giat, kreatif dan inovatif dalam mengawal terciptanya sapta pesona dunia wisata.

Kabid Pariwisata Disparbudpora Sumenep, Ahmad Halili di acara itu juga bercerita jika Desa Aeng Tong-Tong sudah dikenal di dunia internasional sebagai desa penghasil keris terbesar di Asia. Sehingga kunjungan wisata ke Desa Aeng Tong-Tong setiap tahun mengalami peningkatan.

“Pembinaan Pokdarwis seperti ini penting dilakukan agar terwujud Pokdarwis yang kreatif, inovatif dalam melayani tamu dan wisatawan agar merasa nyaman dan ingin kembali,” ucap Halili.

Salah satu materi pembinaan itu adalah memantapkan jati diri kampung keris; meliputi sajian budaya aneka keris dalam mendukung program Visit Sumenep.

Dalam pembinaan Pokdarwis Desa Aeng Tong-Tong ini juga dihadiri oleh Ketua Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Madura Raya Fadel Abu Aufa. Sementara peserta diikuti para anggota Pokdarwis dan Empu di Desa Aeng Tongtong. (matamaduranews.com/fairozi)

  • 16
    Shares

Facebook Comments