Get Inspired, Headline, Hot News

Sumenep Berduka, Pencipta Tari Muangsangkal Meninggal Dunia

VISITSUMENEP.com – Seniman Sumenep, Taufiqurrahman, pencipta Tari Muangsangkal meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H Moh Anwar Sumenep, Madura Jawa Timur, Selasa pagi, 20 Nopember 2018.

Kabar meninggalnya Seniman ini datang dari Keluarga, Abdul Kadir yang tak lain adalah keponakan dari Taufiqurrahman. “Meninggal tadi pagi jam 5 mas, Semoga amal baiknya diterima oleh Allah,” ucap Kabag Humas dan Protokol tersebut.

Rencananya almarhum akan dikebumikan Selasa sore setelah Ashar, “Ini kita keluarga sedang rembuk kapan jam-nya, kalau tempat insya Allah di Buju’ Panglengur, karena ibunya disana,” tambahnya.

Tari Muang Sangkal diciptakan oleh Taufiqurrahman pada tahun 1972. Dalam bahasa Madura Muang berarti membuang, sementara Sangkal berarti Sial.

Sejak diciptakan, tarian ini banyak dikagumi oleh seniman-seniman lokal maupun dari luar Sumenep. Setiap acara-acara besar, tarian Muang Sangkal selalu ditampilkan sebagai acara pembuka. Selain itu tarian ini seringkali ditampilkan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan yang hadir ke Sumenep. Tidak heran bila tarian ini menjadi ukup iconis. (koranmadura.com)

  • 41
    Shares

Facebook Comments