Pulau Mamburit dengan Keunikan dan Keindahan Alamnya
Get Inspired, Headline, Natural Wonders

Pulau Mamburit dengan Keunikan dan Keindahan Alamnya

Masyarakat Indonesia pasti bangga mempunyai keindahan alam yang begitu banyak dan luas, khususnya di Madura. Madura adalah pulau kecil, tapi banyak sekali pulau-pulau indah dan unik yang kita tidak perhatikan sebelumnya. Cocok sekali untuk para traveler yang sedang mencari keindahan-keindahan dan keunikan lain.

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak pulau-pulau dari yang berukuran besar hingga pulau-pulau yang berukuran kecil. Tak tanggung-tanggung jumlahnya pun ribuan lho, sobat traveler. Pulau-pulau tersebut memiliki karakteristik yang memukau dan mengagumkan. Pulau-pulau tersebut juga memiliki daya tarik tersendiri yang idak hanya membuat para wisatawan domestik, melainkan juga wisatawan luar negeri yang berbondong-bondong ingin menjelajah pulau-pulau di Indonesia.

Seperti Madura, satu pulau ini pun memiliki jajaran pulau-pulau yang tak kalah eksotisnya dibanding dengan pulau-pulau cantik di Indonesia bagian timur. Sebut saja, Gili Labak, salah satu pulau kecil yang ada di Madura.

Pulau lain yang akan membuat sobat traveler terpesona di Madura adalah Pulau Mamburit. Pulau Mamburit ini adalah salah satu pulau yang berada di Madura yang memiliki keindahan tak kalah dengan Gili Labak.Pulau dengan lebar sekitar 500 meter dan panjang sekitar 1 kilometer ini memiliki keindahan alam baik dari atas permukaan laut maupun keindahan alam bawah lautnya.

Untuk mencapai Pulau Mamburit, terlebih dahulu harus tiba di Kabupaten Sumenep khususnya di sekitaran Pelabuhan Kalianget. Jika dari Surabaya ataupun dari beberapa kabupaten di Pulau Madura, bisa menggunakkan bus dimana pemberhentian terakhirnya adalah di Pelabuhan Kalianget, sehingga tidak perlu bingung mencari angkutan lain untuk menuju Pelabuhan Kalianget.

Lama perjalanan Surabaya – Sumenep melalui jalur darat (via Tol Suramadu) memakan waktu sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan. Sedangkan jika menggunakkan kapal ferry dari Pelabuhan Tanjung Perak, memakan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan.

Dari atas permukaan laut ketika sobat traveler tiba di Pulau Mamburit, sobat traveler akan dimanjakan dengan pesona pantai pasir putihnya yang tampak berkilauan dengan pantulan sinar matahari. Di utara pulau pun sobat traveler bisa menikmati kawasan bibir pantai dengan panjang sekitar 1 kilometer. Air laut biru dengan beberapa gradasi warna turut serta mempercantik keindahan alam pulau kecil ini.

Pulau Mamburit juga merupakan pulau berpenghuni dengan jumlah sekitar 47 kepala keluarga. Ada banyak keunikkan yang bisa sobat traveler temukan dalam kehidupan masyarakatnya yang berasal dari beberapa suku berbeda seperti Madura, Jawa, Bugis dan Kalimantan. Keunikkan yang bisa sobat traveler temukan diantaranya adalah adanya peraturan pelarangan menikah muda.

Selama berwisata, sobat traveler bisa berperahu di sekitar pantai baik untuk menikmati alamnya ataupun menuju ke keramba yang dipasang oleh para nelayan yang merupakan penduduk pulau. Nah, jika sobat traveler membawa alat snorkeling, sobat traveler bisa menikmati gerombolan ikan yang banyak di keramba-keramba ini.

Semakin membuat penasaran ya, sobat traveler?

Kalau sudah sampai di Madura langsung saja ke pulau Mamburit tepatnya di Kabupaten Sumenep. Nikmati keindahan-keindahan pulau Mamburit dan pulau lainnya yang ada di madura, jangan sampai bule ( warga negara asing) lebih dulu menikmati keindahan alam kita dibandingkan kita sendiri. (kektape.com)

  • 44
    Shares

Facebook Comments