Keindahan Telaga Kermata yang Menyita Perhatian
Get Inspired, Special Interest

Pesona dan Keindahan Telaga Kermata yang Menyita Perhatian

Kita tidak perlu bersusah payah ke luar negeri mencari tempat yang menarik , karena di Negara kita sendiri yaitu Indonesia telah memiliki  tempat yang jauh lebih indah dan menarik yang tidak ada di luar negeri, seprti tempat wisata di jawa timur ini contohnya, jawa timur ternyata terdapat tempat yang sangat menarik yang jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan, padahal tempat ini sangatlah indah dan mempesona bagi  pencinta keindahan alam semesta.

Tempat wisata di madura yang menarik para wisatawan memang sudah banyak sekali, namun ada sebagain objek wisata di madura yang jarang sekali dikunjungi, mungkin karena keberadaan tempat wisata tersebut terlalu jauh atau tidak terjangkau dengan kendaraan yang biasa jadi harus menggunakan kendaraan khusus.

Tak bisa dipungkiri, lokasi wisata di Sumenep cukup banyak. Sebut saja Pantai Slopeng, Pantai Lombang, kraton, masjid agung, maupun wisata keindahan pulau di kepulauan Sumenep. Sayangnya, potensi wisata alam tersebut belum tergarap secara optimal. Salah satunya, yakni Kermata. Tempat tersebut sangat berpotensi dijadikan lokasi wisata.

Kermata yang berupa waduk lokasinya berada di Desa/Kecamatan Saronggi, Sumenep. Dari pusat Kota Sumenep berjarak sekitar tujuh kilometer ke arah selatan. jika anda berkunjung ke Sumenep pasti anda akan melewati yang namanya Kecamatan Saronggi lebih tepatnya sebelum areal tambak atau Desa Nambakor, untuk uang masuknya ke Kermata itu tidak di kenakan biaya apapun.

Pada awalnya kermata merupakan mata air, akan tetapi di zaman kolonial Belanda, Kermata ini dibuat indah dan bagus dengan dibangun beberapa fasilitas seperti gazebo dan sarana tempat bersantai. Ternyata, lambat laun Belanda mengubah Kirmata menjadi danau buatan dan dibuatlah bendungan dengan sistem irigasi untuk sawah-sawah disekitarnya. Tidak hanya air yang menjadi potensi wisata, namun juga pemandangannya sangat bagus. Disekitarnya adalah sawah yang hijau dan luas.

Kermata pemandangannya sangat bagus, di sekitarnya adalah sawah yang hijau nan luas dan di Kermata sendiri sekarang tumbuh bunga teratai berwarna-warni membuat danau ini semakin indah, luas Kermata sendiri sekitar 2500 km² itu untuk daerah danaunya lain luas keseluruhannya.

Pergi ke mata air serasa menyatu dengan alam dengan kejernihan air dan suara khas gemericik air yang mungkin sulit anda temukan di daerah perkotaan.

Mata air Kermata terletak di sebidang tanah milik H. Maskun. Pada awalnya tempat ini dimanfaatkan sebagai pengairan lahan pertanian. Mata air yang jernih ini juga dimanfaatkan untuk mandi, mencuci dan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah melihat bahwa mata air Kermata ini memiliki potensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata alam, sehingga kemudian dilakukan beberapa pengembangan oleh pemerintah setempat melalui dinas terkait.

Di antaranya, dibangun tempat duduk di sekitar area untuk tempat istirahat para pengunjung, menata tempat pemandian sehingga terkesan lebih rapi tanpa meninggalkan unsur alaminya, menyediakan lahan untuk parkir sehingga mempermudah para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, membangun kamar mandi dan toilet serta menyediakan perahu-perahu sebagai sarana wisata. Sehingga selain berenang, di mata air Kermata ini wisatawan dapat naik perahu .

Di mata air Kermata ini juga ada petugas yang merawat dan mengelola wisata. Alhasil, dengan memberikan sedikit sentuhan tangan manusia pada mata air Kermata, efeknya jumlah pengunjung pun terus meningkat.

Adapun kondisi jalan yang bisa dilalui sudah beraspal meskipun sudah mengalami kerusakan yang ringan. Sedangkan jarak dari Kota Sumenep ±10 Km Kearah Selatan

akan tetapi bagi yang dari perkotaan yang ingin mengunjungi Kirmata dengan cara memakai alat transportasi semisal Bus Mini maka akan dikenakan biaya sekitar kurang lebih Rp 10.000 PP ( Pulang Pergi ). (sarimadu.com)

Facebook Comments