Ini Desa Perajin Keris di Sumenep
Cultural Treasures, Get Inspired, Headline, Hot News

Pemerintah Bangun Museum Keris untuk Dukung Pengrajin

VISITSUMENEP.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep membuat museum keris untuk menyimpan, menyajikan dan merawat pusaka hasil karya pengrajin (empu) Kabupaten setempat.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH mengatakan, pihaknya membangun museum keris, karena Kabupaten Sumenep banyak memiliki pengrajin (empu) keris yang hingga saat ini jumlahnya mencapai 600 orang empu.

Akibat pengrajin (empu) keris yang sangat luar biasa itu, perlu tempat guna disajikan kepada masyarakat dan pecinta pusaka yang ingin mengetahui keris Sumenep.

“Potensi keris yang luar biasa di Sumenep sangat membutuhkan museum, sehingga dengan adanya museum itu, masyarakat semakin tahu tentang keris asli Sumenep.” tegas pengusaha muda sukses ini.

Ia menyatakan, jumlah pusaka yang ada di museum keris sebanyak 300 buah, dan yang jelas keris di museum itu adalah hasil karya pengrajin atau empu Sumenep terdiri dari berbagai jenis dengan kelebihan serta keistimewaannya.

“Keris di museum itu merupakan karya empu Sumenep yang bernilai baik keris dari jaman dulu dan sekarang atau keris baru. Jadi kami terbuka kepada masyarakat termasuk anggota keluarga Keraton jika ingin menyajikan pusakanya di museum keris.” tuturnya.

Wakil Bupati menyatakan, banyaknya pengrajin atau empu keris di Kabupaten Sumenep telah diakui oleh UNESCO, bahkan lembaga itu menetapkan Bumi Sumekar adalah Kota Keris.

Untuk itu, diharapkan dengan adanya museum keris semakin banyak masyarakat yang tertarik dengan pusaka Sumenep, sehingga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat pengrajin keris.

“Ujung-ujungnya yang kami (Pemkab Sumenep) lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kerajinannya terutama warga pembuat keris.” pungkas suami Nia Kurnia ini. (sumenepkab.go.id/fatony)

  • 14
    Shares

Facebook Comments