Pantai Badur Pesona Wisata Baru untuk Berlibur
Get Inspired, Headline, Natural Wonders

Pantai Badur Pesona Wisata Baru untuk Berlibur

Dari keindahan pesisir di wilayah Kabupaten Sumenep, pesisir Badur merupakan salah satu pantai atau pesisir yang menawarkan keindahan alam pantai. Pantai Badur, tidak jauh jaraknya antara Pantai Salopeng, di Kecamatan Salopeng yang terkenal dengan keindahan gunung pasirnya dengan Pantai Lombang, di Kecamatan Batangbatang yang juga dikenal dengan hutan pohon cemara udang dan pantainya yang landai.

Nama Badur tersebut di ambil dari nama desa yang ada di lokasi pantai tersebut, yaitu Desa Badur, kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Jarak antara pusat kota Sumenep dan Pantai Badur ini tidak terlalu jauh, meski juga tidak bisa dibilang dekat, kurang lebih sekitar 18 kilometer, jadi untuk sampai mungkin memakan waktu kurang lebih sekitar 30 hingga 35 menit dengan mobil. Pantai Badur adalah pantai yang indah, meski tidak seluas Pantai Slopeng dan Pantai Lombang.

Namun pantai ini memiliki ketertarikan tersendiri di mata masyarakat, apalagi pasirnya yang berwarna putih itu terlihat sangat cantik dibawah sinar matahari, pantai ini masih sangat bersih, mungkin karena masyarakat sekitar masih sangat menghargai betapa pentingnya kebersihan lingkungan.

Di Pantai Badur Anda bisa menikmati keindahan pantai-pantai andalan Sumenep yaitu Lombang dan Slopeng, di sisi Timur Pantai Badur Anda bisa menikmati pesona Pantai Slopeng yang persis dengan Slopeng lengkap dengan gunungan pasirnya dan di daerah tengah Pantai Badur kita bisa menemukan pesona eksotika pantai Lombang yang hampir sama persis dengan Lombang lengkap dengan hamparan pasir yang luas dan cemara-cemara yang menghiasi dipinggirnya.

Pantai yang terletak di Kecamatan Batu Putih ini memiliki keistimewaan tersendiri. Di sisi barat pantai, mengalir air tawar yang membelah pasir putih. Air tawar itu bersambung dengan air laut. Di air tawar inilah anak-anak kecil biasa bermain.

Para orangtua pun tidak perlu khawatir sebab belahan pasir yang menjadi tempat mengalirnya air tawar itu cukup dangkal. Sehingga, anak-anak kecil juga bisa menikmati indahnya bermain di pantai tanpa bahaya.

Keindahan lain yang juga dimiliki Pantai Badur adalah batuan-batuan tinggi mirip gua. Para pengunjung biasanya mengambil gambar dari atas bebatuan sehingga terkesan seperti ada gabungan antara keindahan pegunungan dan pantai.

Dari atas bebatuan ini Anda juga dapat menyaksikan indahnya senja. Saat sore hari, akan ada beberapa penduduk yang memang bermata pencaharian sebagai nelayan mulai bersiap-siap untuk pergi ke laut, kalau anda merasa tertarik anda bisa ikut pergi mencari ikan selagi diperbolehkan yang punya kapal, atau anda bisa menyewa kapal-kapal penduduk untuk bisa pergi memancing di laut beramai-ramai.

Jika anda akan berlibur ke Pantai Badur ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja, karena akan cukup sulit untuk menemukan kendaraan umum di tempat ini sebab memang jarang ada angkot yang lewat, dan itupun harus menunggu cukup lama.

Sebagaimana pantai atau wilayah pesisir umumnya, Pantai Badur kerap banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Dan biasanya pada waktu hari-hari libur dan khususnya pada saat setelah lebaran Idul Fitri tepatnya saat hari raya ketupat. (ksmtour.com)

  • 26
    Shares

Facebook Comments