Get Inspired, Hot News

Kuliner Khas Madura ini Warisan Penjajahan Jepang

VISITSUMENEP.com – Ghengan Marongghih atau sayur kelor terasa sempurna di lidah bila dimakan dengan nasi bubuk jagung atau Nasek Bu’uk (bahasa Madura). Di pedesaan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sampai sekarang kuliner khas itu masih jadi santapan harian sebagian warga.

“Nasek Bu’uk di Sumenep ada sejak penjajahan Jepang tahun 1942-1945,” kata budayawan Sumenep, Tadjul Arifien R, Senin, 5 Februari 2018, seperti dilansir Viva.

Baca: Mengenal Ghengan Marongghih, Sayur Daun Kelor Khas Madura

Kala itu, lanjut Tadjul, bangsa Indonesia menderita, termasuk warga Madura. Tiap malam warga takut karena ada kabar akan di-bom. Warga disuruh masuk rumah dan mematikan lampu.

“Padahal Jepang menyuruh orang-orangnya mencuri padi dan ternak penduduk,” katanya.

Karena padi habis dicuri, tersisalah jagung semata di rumah-rumah penduduk. Jagung itulah kemudian yang dimasak dan dikonsumsi warga.

“Jagungnya digiling secara manual dan jadi tiga komponen,” ujar Tadjul.

Jagung yang digiling itu dipisah-pisah jadi tiga, yakni beras jagung, bu’uk dan tompe. Beras jagung sebagian dibayarkan pajak, sebagian dikonsumsi. Adapun bu’uk dimasak hingga jadi semacam bubur padat, biasanya dimakan dengan sayur kelor atau Ghengan Marongghih.

Sedangkan tompe-nya disangrai atau digoreng tanpa minyak, hasilnya lalu ditumbuk sampai halus. Tompe sangrai itu lalu dimakan pula dengan Ghengan Marongghih.

“Ternyata sesuai hasil penelitian para ahli, Nasek Bu’uk dan Ghengan Marongghih mengandung kalori dan gizi yang cukup tinggi. Sekarang jadi makanan favorit karena sudah langka,” tandas Tadjul.

Tadjul membenarkan jika jarang-jarang kini warga di Madura, termasuk di Sumenep, memasak nasi jagung atau bu’uk dan Ghengan Marongghih. Bilapun ada, itu biasanya terdapat di desa-desa dan kampung terpencil.

“Di sini kadang-kadang masak Nasek Bu’uk dan Ghengan Marongghih,” kata Mahalli, warga Desa Gapura Tengah, Gapura, Sumenep. (viva.co.id/fairozi)

  • 1
    Share

Facebook Comments