Keindahan Pantai Slopeng yang Mempesona
Get Inspired, Headline, Natural Wonders

Keindahan Pantai Slopeng yang Mempesona

Pantai Slopeng berada di desa Semaan, kecamatan Dasuk, Sumenep, Madura, merupakan tempat wisata yang tak terjamah. Meski memiliki pemandangan yang indah, pengunjung Pantai Slopeng masih didominasi wisatawan lokal.

Meski harga tiket masuk terbilang murah, hanya dengan Rp. 5.000/ orang, pantai ini masih sepi dari pengunjung. Saat berada di pantai ini, biasanya pengunjung sangat suka menanti pemandangan matahari terbenam.

Untuk menuju ke pantai ini, waktu tempuh dari Suramadu ke Pantai Slopeng sekitar 5-6 jam. Jika berangkat dari arah barat Madura, selain jalur selatan, bisa melewati jalur sisi pantai utara (pantura).

Lewat jalur tersebut waktu tempuhnya bisa lebih cepat, karena tidak perlu memutar ke pusat kota Sumenep, juga relatif sepi kendaraan. Tetapi, ini khusus yang membawa kendaraan sendiri. Sebaiknya tidak menempuh jalur ini, jika memakai angkutan karena minim angkutan umum.

Keunikan dan daya tarik pantai Slopeng berbeda dengan pantai lainnya di pulau Jawa. Pantai ini memiliki pasir putih dan pasir hitam bercampur dengan besi. Sehingga, saat disinari cahaya matahari, pasir di pantai akan mengeluarkan cahaya yang menyilaukan mata. Pasir putih ini terhampar sepanjang enam kilometer.

Selain itu, di pantai ini terdapat juga gundukan-gundukan pasir yang tingginya sekitar tiga meter, dan oleh penduduk setempat biasa disebut dengan sebutan gunung pasir. Gundukan pasir ini nampak menyerupai dataran pegunungan di dataran tinggi. Apalagi, di gundukan pasir tersebut terdapat sejumlah pohon-pohon kecil yang semakin nampak menyerupai dataran pegunungan.

Dari atas gunungan pasir, kita bisa menikmati keindahan pantai sambil duduk-duduk santai di atas gazebo. Dari situ, kita bisa menyaksikan beberapa  fasilitas seperti kuda-kuda yang lalu lalang dikendarai pengunjung yang menyewanya, atau menyaksikan sampan-sampan nelayan yang sedang mencari ikan.

Pantai Slopeng memiliki air laut yang begitu jernih yang semakin menggoda pengunjung untuk menjelajahinya dengan berenang, atau pun hanya sekedar bermain air.

Pantai Slopeng juga memiliki pepohonan cemara udang. Selain cemara, ada juga berjejer  kelapa dan siwalan. Pohon-pohon tersebut menambah indah suasana pantai. Bagi pengunjung yang membawa anak kecil, di area ini juga disediakan arena bermain.

Pada hari-hari tertentu, di tempat tersebut biasanya ada hiburan rakyat, berupa pertunjukan musik dangdut. Penyanyi –penyanyi terkenal diundang untuk menghibur pengunjung. Di lokasi itu dibangun panggung permanen untuk arena pertunjukan.

Banyak orang yang menjual makanan khas Madura, misal rujak, dengan atau soto. Jadi, tidak perlu khawatir kelaparan. (Viva.co.id)

  • 17
    Shares

Facebook Comments