Cultural Treasures, Get Inspired, Headline, Hot News

Ini Sanggar Tari yang Selalu Mengisi Kegiatan Visit Sumenep

VISITSUMENEP.com – Sanggar Tari Mekar Sare dalam beberapa event Visit Sumenep 2018 dan event lainnya selalu diberi kepercayaan untuk menampilkan berbagai tari, mulai dari tari tradisional, kolaborasi hingga tari kreasi.

Seperti halnya yang tampak pada hari Senin, 28 Mei kemarin di Museum Keraton Sumenep, Sanggar Tari Mekar Sare menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman).

Baca: Diantar Kapal Pesiar Star Clipper, Ratusan Wisman Kunjungi Sumenep

Pembina Sanggar Tari Mekar Sare, Sherly Hastari Haristanti mengungkapkan, pihaknya sangat bersyukur bisa diberi kepercayaan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep untuk bisa tampil di berbagai event di Sumenep.

“Syukurlah setiap kami dipercaya Disbudparpora Kabupaten Sumenep dalam pementasan selalu sukses, sehingga kami juga senang dapat menunjukkan kreatifitas kami,” ungkapnya.

Sanggar Tari Mekar Sare saat menyambut kedatangan wisatawan mancanegara di Museum Keraton Sumenep. (media center)

Beberapa event yang kami ikuti, seperti pada kegiatan Kontes Kucing Busok dengan penampilan tari kolaborasi Tari Topeng Pendawa 5 dan Tari Koceng Busok. Dan Tari Majha Potre yang ditampilkan saat kedatangan turis mancanegara.

Diakui Sherly, jika selama ini sanggarnya yang merupakan rintisan dari ibunya, terus mengembangkan penari yang profesional dengan terus mengorbitkan penari-penari pemula yang berbakat. Penari yang dibina mulai kalangan pelajar hingga mahasiswa, bahkan sudah pernah tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

“Kami ingin terus mengembangkan budaya tari ini dengan terus berkreasi tanpa harus meninggalkan kearifan lokal, dan tari khas daerah dan itu sudah dibuktikan dengan karya-karyanya, seperti Tari Majha Potre yang merupakan cerita Potre Koning di Taman Sare dan sebagainya,” tambahnya. (sumenepkab.go.id/Ren/Esha/aang)

  • 26
    Shares

Facebook Comments