Ada Festival Musik Tong-tong Malam Ini Lho..
Cultural Treasures, Get Inspired, Headline, Hot News

Ingat, Nanti Malam di Sumenep Ada Parade Musik Tong-tong

VISITSUMENEP.com – Musik tong-tong (kentongan) adalah musik tradisional yang berasal dari Madura. Musik ini pada awalnya hanya dimainkan sebagai penggugah (membangunkan) warga pada saat sahur. Alat utama dari musik tong-tong ini adalah tong-tong yang dipadukan dengan alat musik lainnya.

Tong-tong dapat dibuat dari bambu ataupun dari kayu. Pada mulanya, musik ini hanya terdiri dari 3 (tiga) nada, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dengan perkembangan zaman, musik ini kemudian dimainkan bersama alat musik lainnya. Namun, tata cara memainkannya tetap keras bertalu-talu.

Musik yang bertalu-talu ini dianggap menggambarkan sebuah kegembiraan orang Madura. Memang, baik tong-tong ataupun saronin biasanya akan dimainkan dalam suasana riang gembira. Misalnya pada acara sapi sono, karapan sapi, atau kemeriahan sejenis lainnya.

Sudah tahu apa itu musik tong-tong? Nah, dalam rangka hari jadi kabupaten Sumenep yang ke-749 tahun dan menyemarakkan Festival Keraton dan Masyarakat Adat se-ASEAN (FKMA) 2018, malam nanti, Selasa, 30 Oktober 2018 di depan Masjik Jamik Sumenep hingga perempatan PLN akan dilangsungkan parade musik tong-tong (uldaul). Hal itu mengacu pada kalender Event Visit Sumenep 2018.

Jadi, bagi kalian yang sedang berada di kabupaten paling timur pulau Madura ini, jangan lewatkan parade musik tong-tong yang akan dimulai pada pukul 19.00 WIB malam nanti lho. Ingat rutenya, start depan Masjid Jamik, belok kanan Panglima Sudirman, lanjut ke GOR A. Yani dan Finish di perempatan PLN. (fairozi/aang)

  • 115
    Shares

Facebook Comments