Ada Festival Musik Tong-tong Malam Ini Lho..
Get Inspired, Hot News

Ingat, Ada Festival Musik Tong-tong Malam Ini Lho..

Musik tong-tong adalah musik tradisional yang berasal dari Madura. Musik ini pada awalnya hanya dimainkan sebagai penggugah (membangunkan) warga pada saat sahur. Alat utama dari musik tong-tong ini adalah tong-tong (kentongan).

Tong-tong dapat dibuat dari bambu ataupun dari kayu. Pada mulanya, musik ini hanya terdiri dari 3 (tiga) nada, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian dengan perkembangan zaman, musik ini kemudian dimainkan bersama alat musik lainnya. Namun, tata cara memainkannya tetap keras bertalu-talu.

Musik yang bertalu-talu ini dianggap menggambarkan sebuah kegembiraan orang Madura. Memang, baik tong-tong ataupun saronin biasanya akan dimainkan dalam suasana riang gembira. Misalnya pada acara sapi sono, karapan sapi, atau kemeriahan sejenis lainnya.

Sudah tahu apa itu musik tong-tong? Nah, dalam rangka hari jadi kabupaten Sumenep yang ke-748 tahun, malam ini, Jumat 27 Oktober 2017 di Pelataran Gor A Yani – Pabian akan dilangsungkan lomba musik tong-tong (uldaul), mengacu pada kalender Ivent Sumenep Spektakuler 2017.

Jadi, bagi travelers yang sedang berada di kabupaten paling timur pulau Madura ini, jangan lewatkan festival musik tong-tong (uldaul) yang akan dimulai pada pukul 19.00 WIB nanti lho.

Facebook Comments