Get Inspired, Headline, Hot News

Indonesia Masuk Peringkat ke-9 dari 10 Negara Teraman di Dunia

VISITSUMENEP.com – Lembaga riset internasional Gallup’s Law and Order 2018 menempatkan Indonesia sebagai satu dari 10 negara teraman di dunia.

Dalam 10 negara teraman itu, Indonesia menempati urutan ke-9 dengan skor 89, satu tingkat di bawah Kanada (90) dan setingkat di atas Denmark (88).

Berdasarkan laporan Gallup’s Law and Order 2018 yang dilansir kompas.com, Minggu, 17 Juni 2018, indikator riset menentukan negara yang aman mengacu pada beberapa pertanyaan.

Pertanyaan yang diajukan seperti seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap polisi lokal, apakah merasa aman saat berjalan sendiri di malam hari, pernahkah harta bendanya dicuri selama setahun terakhir, dan pernahkah mengalami perampokan.

Gallup’s menyertakan lebih dari 148.000 orang dewasa sebagai responden dari 142 negara berbeda untuk diwawancarai seputar pertanyaan tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan pada 2017 dan hasilnya dikeluarkan dalam bentuk laporan tahun ini.

Hasil dari interview itu, didapati dua dari tiga orang di dunia merasa yakin dengan polisi lokal (69 persen responden) dan merasa aman bepergian sendiri saat malam hari (68 persen responden).

Kemudian, satu dari delapan orang (13 persen responden) mengatakan bahwa mereka pernah dicuri dalam setahun terakhir, serta 5 persennya lagi pernah diserang atau dirampok.

Adapun peringkat pertama negara teraman diduduki oleh Singapura, dengan skor 97, disusul Norwegia (skor 93) dan Islandia (skor 93).

Sementara, tiga negara dengan peringkat terendah adalah Sudan Selatan (skor 54), Afganistan (skor 45), dan Venezuela (skor 44).

Hasil riset Gallup’s Law and Order mengukur seberapa besar kepercayaan masyarakat di sebuah negara terhadap tingkat keamanan dan penegak hukum mereka sendiri.

Semakin aman sebuah negara, implikasinya akan positif, terutama untuk pengembangan kehidupan sosial dan kegiatan ekonomi ke depannya. (kompascom/fairozi)

  • 15
    Shares

Facebook Comments