Cultural Treasures, Get Inspired, Headline, Hot News

Galeri Andhep Ashor Tampilkan Koleksi Foto dan Buku Sejarah Sumenep

VISITSUMENEP.com – Guna menambah wawasan tentang sejarah Kabupaten Sumenep bagi wisatawan, akhirnya Pemerintah Kabupaten setempat melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman (PRKP) dan Cipta Karya membangun galeri Andhap Ashor di areal Pendopo Agung Keraton.

“Kami membuat galeri di lingkungan Pendopo Keraton agar wisatawan yang berkunjung tidak sebatas mendatangi Museum untuk melihat peninggalan raja-raja, Taman Sare, melainkan wisatawan itu juga mengetahui sejarah perkembangan Kota Keris sejak jaman raja.” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si.

Bupati menyatakan, isi galeri Andhep Ashor adalah foto-foto dan buku sejarah tentang Kabupaten Sumenep, sehingga masyarakat atau wisatawan mengetahui tentang berdirinya Bumi Sumekar dan perkembangannya.

Galeri Andhap Ashor itu terbuka untuk masyarakat atau wisatawan umum, jadi pihaknya mempersilahkan masyarakat mengunjungi galeri itu. Bahkan untuk menambah koleksi foto dan buku, membuka diri kepada masyarakat untuk mengisi koleksi foto dan buku tentang Sumenep yang dimilikinya.

“Kami persilahkan siapapun juga mengajukan untuk mengisi koleksi foto dan buku sejarah Sumenep di Galeri Andhap Ashor. Semoga dengan adanya galeri itu, bisa bermanfaat bagi masyarakat dan wisatawan.” imbuhnya.

Perlu diketahui peresmian Galeri Andhap Ashor dilakukan langsung oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, pada Rabu, 31 Oktober malam dan dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten setempat.

Sementara, Kepala Dinas PRKP dan Cipta Karya, Bambang Irianto mengatakan, pembangunan galeri Andhap Ashor sebagai bentuk dukungan menyukseskan program Kunjungan Wisata atau Visit Sumenep, sebab galeri itu tujuannya menjadi salah satu objek wisata di wisata Keraton.

“Kami sengaja membangun galeri itu agar masyarakat bisa mengetahui secara langsung sejarah Sumenep melalui foto dan buku sejarah, termasuk juga potensi Sumenep sehingga masyarakat dan wisatawan tahu pasti tentang Kota Keris ini.” tandasnya.

Bambang Irianto menambahkan, anggaran pembangunan Galeri Andhap Ashor melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep mencapai Rp 1 miliar lebih dan pekerjaan proyek galeri melalui tender bebas.

“Kami menganggarkan dana pembagunannya sebesar Rp1,2 miliar namun setelah melalui proses lelang penawaranya Rp.1 miliar 50 juta dan saat ini masih dalam proses pemeliharaan.” pungkasnya. (sumenepkab.go.id/imroni)

  • 16
    Shares

Facebook Comments