Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
Get Inspired, Hot News

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep

Liburan merupakan kegiatan yang selalu menjadi incaran banyak orang yang sangat padat dalam pekerjaannya. Namun ketika kita tidak bisa pergi liburan ke suatu tempat dan kerabat kita bisa pergi berlibur, pasti anda akan minta untuk dibawahakan oleh-oleh khas daerah tujuan wisata tersebut.

Atau mungkin anda sedang mempersiapkan liburan ke suatu tempat dan anda membutuhkan referensi tentang oleh-oleh khas daerah tujuan anda berlubur. Jika tujuan anda ke kabupaten sumenen, madura, jawa timur, berikut redaksi siapkan beberapa daftar oleh-oleh khas sumenep yang perlu traveler catat baik-baik untuk mendapatkannya.

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
Petis.

Petis

Petis memang pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Petis khas madura terkhusus sumenep ini warnanya tidak hitam seperti petis jawa, melainkan warnanya lebih kecoklatan. Untuk bau dari petis madura sendiri cenderung berbau ikan dan rasanyapun lebih gurih dan asin. Petis ini biasanya dipakai ketika membuat rujak ataupun bisa juga dimakan bersamaan dengan nasi sebagai pengganti sambal.

Pada beberapa tempat di sumenep, banyak toko yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh termasuk petis ini travelers, jadi tak perlu khawatir cara mendapatkannya.

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
Rengginang.

Rengginang

Oleh-oleh khas selanjutnya yakni renggiang. Reginang ini merupakan camilan berjenis kerupuk yang terbuat dari ketan yang diolah lalu dikeringkan dengan dibentuk bulat-bulat dan mungkin sudah sangat terkenal dan tidak asing lagi didaerah lain. Namun untuk reginang di sumenep ini mempunyai ciri khas tersendiri yakni terdapat ikan lorjuk, atau sejenis ikan kecil-kecil yang ditempelkan pada reginang saat pengolahan.

Rasanyapun berbeda dengan jenis rengginang lainya di Madura. Rengginang dengan campuran ikan lorjuk jauh lebih nikmat dan gurih dan sangat cocok bagi travelers untuk oleh-oleh ketika hendak akan kembali pulang. Penjualan rengginang jenis ini sangat banyak ditemukan di sepanjang jalan sumenep-pamekasan yang merupakan jalan protokol penghubung antar kabupaten di Madura.

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
Terasi.

Terasi

Selanjutnya terasi. Terasi ini biasanya dibuat untuk penambah rasa sedap pada olahan sambal atau masakan lainnya seperti sop dan soto. Di jawa, terasi juga sangat banyak seperti terasi khas sidoarjo, namun untuk terasi dari sumenep madura ini memang sangat berbeda dan jauh lebih nikmat rasanya.

Terasi juga banyak dijual di sepanjang jalan protokol antar kabupaten. Jadi travelers tak perlu khawatir jika hendak mendapatkan terasi sebagai oleh-oleh pulang.

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
Keripik Singkong.

Keripik Singkong

Selain beberapa camilan dan oleh oleh di atas, di sumenep madura juga memiliki makanan ringan yang menjadi ciri khas sumenep madura, yakni keripik singkong dengan berbagai varian rasa yang sangat cocok untuk dijadikan camilan selagi bersantai di rumah.

Keripik singkong ini dibuat di beberapa tempat di kabupaten sumenep. Sangat mudah untuk mendapatkannya, karena hampir seluruh toko di kabupaten sumenep dipastikan menjual keripik singkong ini dengan berbagai varian rasa yang dimiliki.

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
Batik.

Batik

Di sumenep madura, selain terkenal akan wisata dan makanan khasnya, juga terdapat pengrajin batik sumenep yang mempunyai ciri khas daerah dengan corak khas sumenep dan juga warna yang beraneka ragam. Untuk bisa memiliki batik sumenep ini, anda bisa membelinya dengan harga yang terbilang cukup ringan, tergantung pada merek, bahan dan juga desain yang dipilih.

Travelers juga tak perlu bingung untuk mendapatkannya, karena batik khas sumenep ini juga banyak dijual diberbagai tempat di kabupaten sumenep.

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
Siwalan.

Siwalan

Wisata pantai yang cukup banyak di kabupaten sumenep, travelers akan banyak melihat penjual siwalan berjejeran di sepanjang jalan menuju tempat-tempat wisata pantai. Siwalan ini merupakan bahan dasar yang airnya biasanya dijual dengan sebutan aren, Rasa dari siwalan ini manis dan juga segar. Tidak hanya itu, aren juga menjadi minuman penutup ketika travelers memakan buah siwalan ini.

Siwalan dan aren merupakan satu kesatuan yang banyak dijual di sepanjang jalan. Jadi, siap-siap deh untuk menikmati kesegarannya.

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
Jubade.

Jubede

Jubede atau jubada terbuat dari tepung yang dicampur dengan gula merah, setelah diaduk beserta air secukupnya, jubede dimasak hingga agak mengental. Setalah dimasak, lalu dibentuk gulungan panjang, kemudian dipotong kecil-kecil berukuran sekitar 2 – 2,5 cm dan dijemur. Setelah agak mengering jubede pun diikat per 3 biji gulungan dengan tali yang terbuat dari daun siwalan.

Jubede ini akan travelers temukan di jalan raya Kopedi. Sebab, dari daerah sana jubede ini diproduksi. Kopedi merupakan jalur bus antar provensi yang dilewati para travelers ketika hendak menuju ke kabupaten sumenep. Jadi tak perlu khawatir untuk bisa mendapatkannya.

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
Man Reman.

Man Reman

Jajanan satu ini merupakan khas kecamatan kalianget, ujung timur kabupaten sumenep, madura. Man reman terbuat dari tepung ketan dan gula aren, sehingga ketika dimakan akan menghasilkan rasa yang manis dan renyah.

Sangat direkomendasikan bagi traveler yang berkunjung ke sumenep untuk membawa oleh-oleh ini. Apalagi, untuk mendapatkannya sangat mudah, man reman dijual diberbagai toko di jalur bus antar provinsi di kabupaten sumenep.

Beberapa oleh-oleh khas sumenep yang redaksi tulis di atas adalah oleh-oleh khas sumenep yang paling gampang ditemukan. Ada beberapa oleh-oleh khas lainnya yang juga patut traveler coba. Hanya saja, redaksi sengaja tidak menulisnya pada post ini karena agak susah untuk mendapatkannya. Jadi, tunggu saja kelanjutannya. (Oci)

Facebook Comments

2 thoughts on “Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep

Comments are closed.